MENGABADIKAN BENTANG
ALAM
SISWA SMP NEGERI 7
CILACAP
MEMANFAATKAN APLIKASI COLORNOTE
Oleh:
SIGIT KINDARTO, S.Pd., M.Pd.
Guru SMP Negeri 7 Cilacap
1.
Guru membentuk kelompok dengan anggota antara 4 - 6 orang perkelompok
2.
Guru mengijinkan siswa membawa gawai / HP untuk
pembelajaran
3.
Guru mengarahkan perkelompok untuk menuju lokasi pengamatan
bentang alam yang berbeda
4.
Siswa secara berkelompok menuju lokasi pengamatan bentang
alam di luar kelas
5.
Setelah sampai di lokasi pengamatan siswa mengaktifkan
aplikasi ColorNote
6.
Siswa kemudian medeskripsikan bentang alam yang diamati
dengan mengungkapkannya dengan suara atau direkam suaranya dengan ColorNote yang akan berubah menjadi
bentuk Teks
7.
Setelah selesai melakukan perekaman kemudian menuju ke
Laboratorium Komputer untuk melakukan editing naskah dan kompilasi hasil
perekaman
8.
Selesai editing naskah dikirmkan ke guru untuk dilakukan
kompilasi naskah antar kelompok
9.
Guru mengirimkan ke penerbit untuk dicetak menjadi buku
ber-ISBN
Bagaimana langkah konkrit dan latar belakang muncul ide
pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran IPS tertuang dalam deskrips
naskah berikut ini.
Perkembangan teknologi informasi saat ini sedang mengalami booming. Tercipta berbagai perangkat teknologi yang dapat memberikan
kemudahan dan fasilitasi kehidupan manusia. Hidup serasa dimudahkan dengan
adanya temuan baru teknologi. Demikian juga untuk lingkup pendidikan, telah
banyak temuan software maupun aplikasi yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran. teknologi ini mampu membantu guru dan siswa untuk melakukan
kegiatan belajar mengajar secara efektif, kreatif dan inovatif. Banyak temuan inovasi teknologi yang diprioritaskan untuk mata
pelajaran Sains.
Proses pembelajaran Mata Pelajaran IPS jarang yang
memanfaatkan teknologi digital. Ada yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi
ini, namun dengan persentase yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan tingkat
SDM yang kurang tertarik dengan perkembangan teknologi. Mindset tersebut mesti
harus diubah bahwa meski usia sudah senja, tetapi mempelajari teknologi untuk
keperluan kemajuan pembelajaran harus tetap dilakukan. Dan pada kesempatan ini,
penulis mencoba memanfaatkan kemajuan teknologi untuk diterapkan dalam proses
pembelajaran IPS.
Tambahkan Aplikasi ColorNote adalah
aplikasi gratis yang dapat diunduh di playstore merupakan aplikasi rekam suara
yang hasil rekamannya dapat berubah menjadi sebuah teks tulis.
Aplikasi ColorNote merupakan sebuah aplikasi yang tersedia
gratis, sebagaimana aplikasi Facebook. Aplikasi ini dapat dipakai oleh semua
orang yang berminat memanfaatkannya. Aplikasi ini mempunyai unsur kemanfaatan
besar bagi proses kegiatan belajar mengajar, karena akan memberikan tampilan
yang berbeda kepada siswa dalam belajar IPS. Dengan frame baru ini IPS akan
menjadi mata pelajaran yang menarik dan memotivasi siswa untuk belajar lebih
intens.
Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi ketika akan
memanfaatkan aplikasi ini yaitu ;
1.
Gawai / Telepon Seluler
2.
Login ke aplikasi ColorNote
3.
Koneksi internet
4.
Laptop / PC
Sedangkan rancangan pemanfaatan Aplikasi ColorNote ini
sebagai berikut :
1. Cara login ColorNote di Laptop
a.
Nyalakan HP Gawai dan koneksikan dengan data internet
b.
Buka Play Store
c.
Ketik ColorNote
Gambar 1. Aplikasi ColorNote
d.
Pilih kata ColorNote yang muncul di Play Store
e.
Download aplikasi ColorNote
f.
Aplikasi ColorNote siap digunakan
2. Menggunakan ColorNote di Gawai, harus melakukan download
terlebih dahulu Gawai. Langkah mengunakan aplikasi ColorNote untuk mewujudkan
siswa agar mahir menulis adalah
a.
Buka aplikasi ColorNote
b.
Pilih aplikasi
c.
Kemudian pilih install aplikasi
tersebut
d.
Aplikasi ColorNote siap digunakan
Gambar 2. Lembar Kerja ColorNote
Implementasi aplikasi ColorNote pada HP
Berbasis Gawai dalam proses pembelajaran
IPS dilaksanakan secara sangat mudah, apalagi bagi anak-anak seusia SMP yang
sangat akrab dengan gadget atau
peralatan digital, karena merekalah pemilik jaman digital ini sehingga
operasionalisasi aplikasi tidak akan mengalami kendala berarti. Bahkan kita
sebagai guru mungkin akan merasa tertinggal oleh kemampuan anak-anak dalam
mengoperasikan Telepon Seluler ini.
Operasionalisasi ACN (Aplikasi ColorNote)
dalam pembelajaran IPS di SMP negeri 7 Cilacap adalah sebagai berikut :
1.
Pilih icon ACN (Aplikasi ColorNote) pada layar HP
2.
Login ke aplikasi ColorNote atau klik icon ACN (Aplikasi ColorNote)
3.
Pilih tanda + (plus) pada menu bar ACN (Aplikasi ColorNote)
4.
Kemudian pilih tanda teks
Berikut ini aktivitas siswa ketika mempraktikkan Aplikasi
ColorNote dalam proses pembelajaran pada
materi “Bentang Alam”
Gambar 3.
Praktik ColorNote
|
Tabel 1. Data Hasil Pemanfaatan Aplikasi ColorNote pada IPS
yang berhasil mewujudkan Literasi Tulis
No
|
Kelas
|
Jumlah
Siswa
|
Jumlah
Siswa Berhasil Literasi Tulis
|
Jumlah
Siswa Tidak Berhasil Literasi Tulis
|
Keterangan
Literasi Tulis
|
Hasil
|
1
|
VIIIA
|
32
|
32
|
0
|
5 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
2
|
VIIIB
|
32
|
32
|
0
|
5 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
3
|
VIIIC
|
32
|
26
|
6
|
5 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
4
|
VIIID
|
32
|
32
|
0
|
7 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
5
|
VIIIE
|
32
|
28
|
4
|
5 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
6
|
VIIIF
|
32
|
27
|
5
|
5 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
7
|
VIIIG
|
32
|
32
|
0
|
6 Kelompok
|
Buku Kompilasi
|
Jumlah
|
224
|
209
|
15
|
43
|
Tabel di atas adalah hasil
penerapan aplikasi ColorNote dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7
Cilacap.
Distribusi pemanfaatan
ColorNote daam pembelajaran IPS tampak dalam gambar grafis di bawah ini:
Gambar 4. Distribusi Penggunaan ColorNote dalam Pembelajaran IPS
|
Produktivitas
siswa kelas VIII dalam bentuk literasi
tulis berupa buku dengan
tema sesuai
dengan materi IPS adalah sebagai berikut :
Gambar 5. Hasil Karya Siswa Buku Menggunakan ColorNote dalam
Pembelajaran IPS
|
NO
|
JENIS KEGIATAN LITERASI TULIS
|
JUMLAH
|
1
|
KELOMPOK
|
43
|
2
|
MANDIRI
|
0
|
3
|
NIHIL
|
2
|
Data pemanfaatan ColorNote untuk
menyelesaikan tugas Literasi Tulis dari 224 siswa, yang mampu menyelesaikan
tugas berjumlah 209 siswa dengan cara
berkelompok sejumlah 43 kelompok, sedangkan yang mandiri tidak ada (0) dan terdapat
2 kelompok atau 15 siswa yang belum mampu menghasilkan karya literasi tulisnya.
PENUTUP
A.
Simpulan
Penerapan Aplikasi ColorNote Berbasis
Gawai untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP
Negeri 7 Cilacap khususnya dalam literasi tulis. Kemampuan menghasilkan karya
berbentuk buku yang terkait dengan materi pembelajaran IPS meningkat tajam
apabila dibandingkan dengan metode konvensional dalam tugas pembuatan buku.
Setelah menerapkan aplikasi ColorNote
dalam pembelajaran IPS memperlihatkan
bahwa dari jumlah siswa yang 224 orang ternyata dengan memanfaatkan aplikasi
ColorNote dapat mengantarkan 209 siswa berkarya
dalam litersi tulis atau 93,3 %, sedangkan siswa yang belum mampu menghasilkan
karya sejumlah 15 siswa atau 6,7 %. Ini menggembirakan sekaligus membanggakan
di periode awal pemanfaatan ACN siswa mampu mengaplikasikan ColorNote untuk
menghasilkan karya buku. Apabila dibandingkan dengan metode konvensional maka
prestasi terciptanya 7 buah buku kompilasi siswa kelas VIII menunjukkan tingkat
kemahiran dan kemudahan yang dialami siswa dalam mengaktualisasikan ide dan
gagasannya berkait materi pelajaran IPS.
Jumlah karya buku yang tercipta dibagi
menjadi 2 (dua) jenis pembuatannya yaitu dikerjakan secara berkelompok dan
mandiri. Karya buku siswa yang dikerjakan secara Kelompok terdapat 43 kelompok
atau dalam hitungan persentase sebesar 95,5 %. Sedangkan kelompok yang belum
berhasil mewujud karya sebanyak 2 kelompok 4,5 % siswa. Buku yang dikerjakan
mandiri dihasilkan belum mampu tercipta.
1. Kepada Guru
a.
Sebaiknya guru memanfaatkan aplikasi
ColorNote dalam pembelajaran sehingga siswa tumbuh rasa tertarik terhadap mata
pelajaran yang diajarkan
Guru dalam menerapkan berbantuan aplikasi
ColorNote harus menguasai strategi pembelajaran dengan baik dan mampu
merumuskan langkah-langkah dalam skenario pembelajaran
Keren....
BalasHapusBagus...
BalasHapusheheheh...alhamdulillah Bos, telah mencicipi atmosfir tertinggi di jenjang lomba Inobel meski belum mencapai puncak
BalasHapus