SIGIT KINDARTO

"SELAMAT DATANG DI BLOG SANG OEMAR BAKRI"

Jumat, 10 Januari 2020

MENGABADIKAN BENTANG ALAM
SISWA SMP NEGERI 7 CILACAP
MEMANFAATKAN APLIKASI COLORNOTE

Oleh:
SIGIT KINDARTO, S.Pd., M.Pd.
Guru SMP Negeri 7 Cilacap

sigitkindarto@gmail.com
Fasda Pembelajaran Cilacap
1.      Guru membentuk kelompok dengan anggota antara 4 - 6 orang perkelompok
2.      Guru mengijinkan siswa membawa gawai / HP untuk pembelajaran
3.      Guru mengarahkan perkelompok untuk menuju lokasi pengamatan bentang alam yang berbeda
4.      Siswa secara berkelompok menuju lokasi pengamatan bentang alam di luar kelas
5.      Setelah sampai di lokasi pengamatan siswa mengaktifkan aplikasi ColorNote
6.      Siswa kemudian medeskripsikan bentang alam yang diamati dengan mengungkapkannya dengan suara atau direkam suaranya dengan ColorNote yang akan berubah menjadi bentuk Teks
7.      Setelah selesai melakukan perekaman kemudian menuju ke Laboratorium Komputer untuk melakukan editing naskah dan kompilasi hasil perekaman
8.      Selesai editing naskah dikirmkan ke guru untuk dilakukan kompilasi naskah antar kelompok
9.      Guru mengirimkan ke penerbit untuk dicetak menjadi buku ber-ISBN

Bagaimana langkah konkrit dan latar belakang muncul ide pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran IPS tertuang dalam deskrips naskah berikut ini.

Perkembangan teknologi informasi saat ini sedang mengalami booming. Tercipta berbagai perangkat teknologi yang dapat memberikan kemudahan dan fasilitasi kehidupan manusia. Hidup serasa dimudahkan dengan adanya temuan baru teknologi. Demikian juga untuk lingkup pendidikan, telah banyak temuan software maupun aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. teknologi ini mampu membantu guru dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara efektif, kreatif dan inovatif. Banyak temuan inovasi teknologi yang diprioritaskan untuk mata pelajaran Sains.
Proses pembelajaran Mata Pelajaran IPS jarang yang memanfaatkan teknologi digital. Ada yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi ini, namun dengan persentase yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan tingkat SDM yang kurang tertarik dengan perkembangan teknologi. Mindset tersebut mesti harus diubah bahwa meski usia sudah senja, tetapi mempelajari teknologi untuk keperluan kemajuan pembelajaran harus tetap dilakukan. Dan pada kesempatan ini, penulis mencoba memanfaatkan kemajuan teknologi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPS.
Tambahkan Aplikasi ColorNote adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh di playstore merupakan aplikasi rekam suara yang hasil rekamannya dapat berubah menjadi sebuah teks tulis.

Aplikasi ColorNote merupakan sebuah aplikasi yang tersedia gratis, sebagaimana aplikasi Facebook. Aplikasi ini dapat dipakai oleh semua orang yang berminat memanfaatkannya. Aplikasi ini mempunyai unsur kemanfaatan besar bagi proses kegiatan belajar mengajar, karena akan memberikan tampilan yang berbeda kepada siswa dalam belajar IPS. Dengan frame baru ini IPS akan menjadi mata pelajaran yang menarik dan memotivasi siswa untuk belajar lebih intens.
Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi ketika akan memanfaatkan aplikasi ini yaitu ;
1.      Gawai / Telepon Seluler
2.      Login ke aplikasi ColorNote
3.      Koneksi internet
4.      Laptop / PC
Sedangkan rancangan pemanfaatan Aplikasi ColorNote ini sebagai berikut :
1. Cara login ColorNote di Laptop
a.      Nyalakan HP Gawai  dan  koneksikan dengan data internet
b.      Buka Play Store
c.       Ketik ColorNote








Gambar 1. Aplikasi ColorNote
d.      Pilih kata ColorNote yang muncul di Play Store
e.       Download aplikasi ColorNote
f.       Aplikasi ColorNote siap digunakan
2. Menggunakan ColorNote di Gawai, harus melakukan download terlebih dahulu Gawai. Langkah mengunakan aplikasi ColorNote untuk mewujudkan siswa agar mahir menulis adalah
a.      Buka aplikasi ColorNote
b.      Pilih aplikasi
c.       Kemudian pilih install aplikasi tersebut
d.      Aplikasi ColorNote siap digunakan




Gambar 2. Lembar Kerja ColorNote
Implementasi aplikasi ColorNote pada HP Berbasis Gawai  dalam proses pembelajaran IPS dilaksanakan secara sangat mudah, apalagi bagi anak-anak seusia SMP yang sangat akrab dengan gadget atau peralatan digital, karena merekalah pemilik jaman digital ini sehingga operasionalisasi aplikasi tidak akan mengalami kendala berarti. Bahkan kita sebagai guru mungkin akan merasa tertinggal oleh kemampuan anak-anak dalam mengoperasikan Telepon Seluler  ini.
Operasionalisasi ACN (Aplikasi ColorNote) dalam pembelajaran IPS di SMP negeri 7 Cilacap adalah sebagai berikut :
1.        Pilih icon ACN (Aplikasi ColorNote)  pada layar HP
2.        Login ke aplikasi ColorNote  atau klik icon ACN (Aplikasi ColorNote) 
3.        Pilih tanda + (plus) pada menu bar ACN (Aplikasi ColorNote) 
4.        Kemudian pilih tanda teks
Berikut ini aktivitas siswa ketika mempraktikkan Aplikasi ColorNote  dalam proses pembelajaran pada materi “Bentang Alam”




Gambar 3. Praktik ColorNote
 










Tabel 1. Data Hasil Pemanfaatan Aplikasi ColorNote pada IPS yang berhasil mewujudkan Literasi Tulis
No
Kelas  
Jumlah Siswa
Jumlah Siswa Berhasil Literasi Tulis
Jumlah Siswa Tidak Berhasil Literasi Tulis
Keterangan Literasi Tulis
Hasil
1
VIIIA
32
32
0
5 Kelompok
Buku Kompilasi
2
VIIIB
32
32
0
5 Kelompok
Buku Kompilasi
3
VIIIC
32
26
6
5 Kelompok
Buku Kompilasi
4
VIIID
32
32
0
7 Kelompok
Buku Kompilasi
5
VIIIE
32
28
4
5 Kelompok
Buku Kompilasi
6
VIIIF
32
27
5
5 Kelompok
Buku Kompilasi
7
VIIIG
32
32
0
6 Kelompok
Buku Kompilasi
Jumlah
224
209
15
43

Tabel di atas adalah hasil penerapan aplikasi ColorNote dalam kegiatan pembelajaran  mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7 Cilacap.
Distribusi pemanfaatan ColorNote daam pembelajaran IPS tampak dalam gambar grafis di bawah ini:

Gambar 4. Distribusi Penggunaan ColorNote dalam Pembelajaran  IPS

 




Produktivitas siswa kelas VIII  dalam bentuk literasi tulis berupa buku dengan
tema sesuai dengan materi IPS adalah sebagai berikut :

Gambar 5. Hasil Karya Siswa Buku Menggunakan ColorNote dalam Pembelajaran  IPS












NO
JENIS KEGIATAN LITERASI TULIS
JUMLAH
1
KELOMPOK
43
2
MANDIRI
0
3
NIHIL
2
            Data pemanfaatan ColorNote untuk menyelesaikan tugas Literasi Tulis dari 224 siswa, yang mampu menyelesaikan tugas berjumlah 209 siswa dengan  cara berkelompok sejumlah 43 kelompok, sedangkan yang mandiri tidak ada (0) dan terdapat 2 kelompok atau 15 siswa yang belum mampu menghasilkan karya literasi tulisnya.

PENUTUP
A.       Simpulan
Penerapan Aplikasi ColorNote Berbasis Gawai  untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII  SMP Negeri 7 Cilacap khususnya dalam literasi tulis. Kemampuan menghasilkan karya berbentuk buku yang terkait dengan materi pembelajaran IPS meningkat tajam apabila dibandingkan dengan metode konvensional dalam tugas pembuatan buku.
Setelah menerapkan aplikasi ColorNote dalam pembelajaran IPS memperlihatkan bahwa dari jumlah siswa yang 224 orang ternyata dengan memanfaatkan aplikasi ColorNote  dapat mengantarkan 209 siswa berkarya dalam litersi tulis atau 93,3 %, sedangkan siswa yang belum mampu menghasilkan karya sejumlah 15 siswa atau 6,7 %. Ini menggembirakan sekaligus membanggakan di periode awal pemanfaatan ACN siswa mampu mengaplikasikan ColorNote untuk menghasilkan karya buku. Apabila dibandingkan dengan metode konvensional maka prestasi terciptanya 7 buah buku kompilasi siswa kelas VIII menunjukkan tingkat kemahiran dan kemudahan yang dialami siswa dalam mengaktualisasikan ide dan gagasannya berkait materi pelajaran IPS.
Jumlah karya buku yang tercipta dibagi menjadi 2 (dua) jenis pembuatannya yaitu dikerjakan secara berkelompok dan mandiri. Karya buku siswa yang dikerjakan secara Kelompok terdapat 43 kelompok atau dalam hitungan persentase sebesar 95,5 %. Sedangkan kelompok yang belum berhasil mewujud karya sebanyak 2 kelompok 4,5 % siswa. Buku yang dikerjakan mandiri dihasilkan belum mampu tercipta.
1.   Kepada Guru
a.     Sebaiknya guru memanfaatkan aplikasi ColorNote dalam pembelajaran sehingga siswa tumbuh rasa tertarik terhadap mata pelajaran yang diajarkan
Guru dalam menerapkan berbantuan aplikasi ColorNote harus menguasai strategi pembelajaran dengan baik dan mampu merumuskan langkah-langkah dalam skenario pembelajaran

3 komentar: